Kamis, 28 Oktober 2010

Andai aku jadi seorang guru....

Guru..
adalah orang tua pengganti yang mengasuh kita selama kita ditempah menjadi seorang siswa dalam lingkungan sekolah.
guru telah berkorban memberikan dirinya terinjak noda kapur..
menjadikan nya tua sebelum musimnya tiba..
betapa pu besar pengorbanan seorang guru terhadap anak didiknya namun anak didiknya tak pernah membalas jasa-jasanya dengan pretasi yang seharusnya mereka ukir untuk membahagiakan guru-guru yang telah mendidik mereka.
ketika ujian tiba gurulah yang paling depan memberikan semangat kepada anak didiknya..
ketika murid tersebut gagal dalam prestasi beajarnya seorang guru lah yang pertama kali memberikan dia dorongan semnagt agar si urid senantiasa maju dalam urutan terdepan...
terbayang kah anada seberapa besar peranan seorang guru dalam memberikan kalian arti menjadi seorang manusia....
terbayangkah anda..
seberapa berat tanggung jawab seorang guru dalam membimbing kalian..
hingga sekarang kalian dengan bangga nya menadi seorang ternama....
suatu hari..
seorang guru merasa kecewa dengan hasil ujian yang dieberikannya kepada murid-muridnya.
guru tersebut merasa sangat kecewa..
karena hasil prestasi yang diberikan oleh anak didikya..
kekecewaan tersebut semakin menjadi..
dia ingin menyampaikan perasaan hatinya kpeada anak didiknya..
guru tersebut ingin murid-muridnya merasakan kekecewaan yang dia alami..
maka guru tersebut mengajak muridnya untuk sejenak berandai dan melupakn mata pelajaran yang sangat memuakan bagi mereka..
mengandaikan...
"andai aku seorang guru dan menghadadapi siswa yang nakal.."
"andai aku jadi seorang guru sosok guru yang akan saya sampaikan adalah..."
dan ini adalah beberapa kutipan yang penulis kutip dari beberapa anak yang diajak untuk ikut merasakan kekecewaan guru tesebut.


Kurnia, SMP Neger 2 Kualuh Selatan
Andai aku seorang guru..
dan aku berhadapan dengan siswa yag nakal..
tentu saja aku akan menasehatinya..aku akan mengajaknya bercerita tentang apa yang menjadi penyebab kenakalannya..
nah kalau teryta cara itu tidak memeberikan jalan yang terbaik bagi anak yang nakal tersebut,
saya akan menghkumnya...
sosokguru yang ingin saya tampilkan adalah guru yang arif dan penuh kewibawaan..
saya akan mencoba dekat derngan anak didik saya..
dengan begitu saya akan mengerti apa yang seharusnya saya lakukan..

Yohana Arcelina Tobing
SMP Negeri 1 Kualuh Selatan
andai saya seorang guru dan berhadapan dengan murid yang nakal..
saya akan memberi dia hukuman..
agar dia merasa malu atas perbuatan nakalnya.
Skalau saya jadi guru, saya ingin jadi guru matematika yang tegas dan ramah..


Winda sri Ulfa
SMP Negeri 1 Kualuh Selatan
Andai saya jadi seorang guru..
jika nanti saya jadi guru saya akan berusaha dekat dengan anak didk saya..dengan begitu saya akan dengan mudah memberikan pelajaran kepada mereka..
jika nanti mereka mendapat nilai ujian yang terburuk maka saya akan tetap membimbing mereka agar tetap mendapatkan nilai yang baik..


Tri Wardana
SMP Negeri 2 Kualuh Selatan
kalau suatu saat nanti saya menjadi seorang guru..dan memiliki siswa yang nakala dengan nilai ulangan yang jelek tentunya saya akan skit hati..
namun saya akan tetap berusaha mengajari mereka agar mereka mengerti..
jika nakalnya mereka sudah keterlaluanmakasayaakan mengeluarkan mereka dari kelas saya..
bila perlu saya usulkanbuat dipecat dari sekolah..
jika saya nanti jadi guru..
saya ingin menampilkan sosok guru yang tegas dan berwibawa..
guru yang cerdas dan guru yang bijaksana dalam mendidik anak didiknya.
dengan kita disukai anak didik kita..maka mereka juga akan berusaha unutk menyukai pelajaran yang kita bawakan dikelas..

"itu hayan beberapa kutipan dari sebagaian kecil Siswa yang penulis ajak untuk merasakan sakit hatinya seorang guru sebgai umpan balik terhadap apa yang mereka lakukan terhadap seorang guru...
dan menurut pembaca..
adakah hal yang membuat kalian merasa tak menyukai seorang guru..yang akhirnya membuat guru tersebut sakit hati dengan prestaisi belajar yang buruk dari apa yang telah guru ajarkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar